Rabu, 12 Oktober 2011

Nashaihul Ibad 1

Tiga Resep Menjadi Orang Yang Dicintai
a. "Barang siapa yang menjauhi keduniawian, niscaya akan dicintai oleh Allah."
b. "Barang siapa yang ,menjauhi dosa-dosa, akan dicintai oleh para Malaikat."
c. "Barang siapa yang menanggalkan ketamakan terhadap milik orang lain, niscaya akan dicintai orang lain."

Tiga Hal Pokok
a. "Dari sekian banyak nikmat dunia, cukuplah islam sebagai nikmat bagimu."
b. "Dari sekian banyak kesibukan, cukuplah ketaatan sebagai kesibukan bagimu."
c. "Dari sekian banyak pelajaran, cukuplah kematian sebagai kematian bagimu."

Tiga  Hal Yang dapat melalaikan manusia
a. "Betapa banyak manusia yang dihukum berangsur-angsur melalui kesenangan yang diberikan kepadanya."
b. "Betapa banyak manusia yang mendapat cobaan melalui pujian orang lain kepadanya."
c. "Betapa banyak manusia yang terpedaya karena kelemahannya disembunyikan oleh Allah."

Tiga Tugas Orang Berakal
a. menyiapkan bekal untuk kembali (ke akhirat);
b. mencari biaya untuk penghidupannya di dunia; dan
c. mencari kenikmatan dengan cara yang halal

Tiga Kalimat Munajat Abu Sulaiman Ad-Darani
a. "Wahai Tuhanku, jika Engkau menuntutku karena dosaku, maka aku akan mencari-Mu karena ampunan-Mu (sebab ampunan-Mu lebih luas dari dosaku)."
b. Jika Engkau menuntutku karena kekikiranku, maka aku akan mencari-Mu karena kemurahan-Mu.
c. Jika Engkau melemparkan aku ke neraka, maka aku akan maka aku akan memberitahukan penduduk neraka bahwa aku mencintai-Mu.

Tiga Ciri Manusia Paling Bahagia
a. hati yang meyakini bahwa Allah senantiasa bersamanya.
b. jiwa raga yang sabar
c. sikap qana'ah dengan apa yang dimiliki.

Tiga Ciri Keberuntungan
a. meninggalkan harta sebelum harta meninggalkannya
b. membangun kuburan sebelum ia memasukinya, dan
c. membuat ridha Tuhannya sebelum ia menemui-Nya

Tiga jawaban Setan
Hatim Al-Asham berkata : "Setiap pagi setan selalu bertanya kepadaku tentang tiga hal : 'Apa yang engkau makan? Apa yang engkau pakai? Dimana tempat tinggalmu?'
Aku menjawab:
a. 'Aku sedang memakan (membayangkan pahitnya) mati
b. yang Aku pakai adalah kain kafan, dan
c. tempat tinggalku adalah kuburan."

Tiga Keniscayaan
a. Silakan berbuat baik kepada engkau kehendaki, niscaya engkau akan menjadi rajanya
b. Mintalah kepada orang yang engkau kehendaki, niscaya engkau akan menjadi tawanannya
c. Merasa cukuplah dengan apa yang engkau miliki dengan tidak meminta kepada orang yang engkau kehendaki, niscaya engkau akan menjadi orang kaya seperti dia.

Tiga Jalan mencapai Kezuhudan
Ibrahim bin Adham pernah ditanya tentang apa yang bisa menyebabkan dirinya mencapai tingkat zuhud, lalu ia menjawab ada tiga hal, yaitu:
a. "Kulihat kuburan adalah alam yang begitu mengerikan, sedang aku tidak punya teman untuk menghilangkan rasa takutku.
b. Kulihat perjalananku sangat jauh, sedang aku tidak punya bekal yang dapat mengantarkanku ketujuan.
c. Kulihat Tuhan Yang Mahaperkasa sebagai hakim, sedang aku tidak punya alasan untuk membela diriku dihadapan-Nya."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar